Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini memberikan gambaran siklus akuntansi atau proses penyusunan laporan keuangan dalam satu periode akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Proses diawali dengan pemahaman tentang jenis dan sifat badan usaha, menganalisis jenis transaksi, persamaan dasar akuntansi, penjurnalan transaksi dan saldo normal suatu akun, memahami proses penyesuaian, penyelesaian siklus akuntansi, pemahaman sistem akuntansi, serta melakukan analisis keuangan atas pos-pos aset. Berdasarkan pencatatan tersebut kemudian dibuatkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku umum.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Dengan memperlajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu dan dapat menjelaskan jenis dan sifat badan usaha, mampu menjelaskan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang, pencatatan atau penjurnalan transaksi, penyusunan laporan keuangan perusahaan selama satu periode akuntansi, hingga melakukan analisis atas pos-pos aset pada laporan keuangan.


Proses Pembelajaran (pemberian materi utama dan pengayaan).

Proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, baik secara synchronous melalui Google Meet maupun asynchronous melalui e-learning UPR (dan Google Classroom).

Materi akan diberikan pada setiap pertemuan dan akan ada kuis, diskusi, atau tugas untuk tiap pertemuan. Mahasiswa diwajibkan aktif dalam setiap diskusi, kuis dan tugas yang diberikan. Pertanyaan atau tanggapan atas materi dapat disampaikan mahasiswa pada forum diskusi.

Bahan Ajar:

  1. Warren, Carl S., James M. Reeve, Jonathan E. Duchac, Novrys Suhardianto, Dwvi Sulistyo Kalanjati, Amir Abadi Jusuf, dan Chaerul D. Djakman. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia Edisi 25, 2017, Penerbit Salemba Empat.
  2. IAI, 2018, Standar Akuntansi Keuangan


Penilaian

Penilaian mengacu pada pedoman Universitas, yaitu:

  • Tugas dan keaktifan       20%
  • UTS                                    30%
  • UAS                                   50%
Tanda kehadiran dilakukan dengan meng-klik kehadiran pada setiap pertemuan.

Selamat belajar.