Salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa kedokteran adalah pemahaman terhadap mekanisme dan fungsi dasar tubuh manusia. Dasar biomedis diperlukan oleh mahasiswa sebagai bekal untuk memahami proses selanjutnya dengan menggunakan asas-asas dan pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam (biologi, kimia dan fisika) untuk menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul, sel, organ dan organism utuhMateri yang akan dipelajari meliputi biologi sel, embriologi, genetika, enzimologi, dan prinsip homeostasis. Pada modul ini juga akan dipelajari  tentang proses hemostasis, hemopoetik dan limforetikuler.

Modul ini akan dipelajari pada semester satu selama 6 minggu dengan beban studi sebesar 6 SKS. Setelah mempelajari modul ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang prinsip-prinsip ilmu biologi, kimia dan fisika sebagai dasar mekanisme dan fungsi normal tubuh serta mampu menerapkan prinsip hemopoetik dan limforetikuler dalam proses fisiologis tubuh manusia.

Modul ini merupakan modul dasar dalam proses pembelajaran tentang tubuh manusia yang akan dilanjutkan dengan modul-modul sistem tubuh berikutnya.