Salam jumpa,

Saudara Mahasiswa/i selamat datang dalam pembelajaran daring (e-learning) mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 (1BCP011032). Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah wajib fakultas dengan bobot 3 (1) SKS.

Dalam pembelajaran daring ini, Anda akan difasilitasi oleh dosen pengampu, yaitu Leliana Maria Angela, S.E., M.Sc., Ak., CA dan Sri Yuni, S.E., M.Si.

Pembelajaran daring mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 dilaksanakan dalam 14 sesi pembelajaran materi, 1 sesi untuk evaluasi tengah semester (UTS) dan 1 sesi untuk evaluasi akhir semester (UAS).

Mata kuliah ini menyajikan materi tentang Pengantar Akuntansi dan Bisnis, Analisis Transaksi, Proses Penyesuaian, Penyelesaian Siklus Akuntansi, Sistem Akuntansi, Akuntansi untuk Perusahaan Dagang, Persediaan, dan Kecurangan, Pengendalian Internal dan Kas.

Dengan memperlajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip dan etika dalam akuntansi, mampu menjelaskan dan mengimplementasikan siklus akuntansi secara lengkap pada perusahaan jasa dan dagang, mampu menjelaskan dan mengelola akuntansi untuk persediaan pada perusahaan dagang, mampu menjelaskan prinsip pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas,  operasional dana kas kecil, menyiapkan  rekonsiliasi bank, menjelaskan pelaporan kas, menjelaskan pengakuan piutang dan cadangan kerugian piutang, menjelaskan kriteria dan jenis aset tetap dan aset tak berwujud, memahami akuntansi atas aset tetap dan aset tak berwujud, serta menghitung penyusutan atas aset tetap dan deplesi.

Selamat belajar.