Mata kuliah ini akan membahas mengenai hakikat pengembangan motorik anak, pengembangan motorik bagi anak TK (Peranan guru dalam pengembangan motorik anak dan tahapan pertumbuhan dan perkembangan gerak), pengembangan motorik bagi anak TK (Metode pengembangan motorik anak dan perkembangan gerak anak, bentuk gerak dasar  (1. Macam macam gerak dan Gerakan Non Lokomotor, bentuk gerak dasar  (1. Ragam gerak 1 dan Ragam Gerak 2, kombinasi gerak unsur unsur kesegaran, permainan pengembangan fisik motorik melalui permainan, aktifitas program pembentukan kesegaran,  perencanaan program pengembangan, penilaian program pengembangan fisik

Mata kuliah ini mengkaji materi yang berkaitan dengan konsep seni, konsep seni rupa, perkembangan seni rupa dan karakteristik seni rupa anak usia dini, mengimplementasikan perencanaan pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan di PAUD, proses penciptaan karya seni rupa dan kerajinan tangan di PAUD. Mata kuliah ini akan memberikan wawasan secara garis besar kepada mahasiswa tentang pengembangan seni rupa dan kerajinan tangan untuk anak usia dini. Selanjutnya melalui wawasan yang diperoleh dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan perencanaan dan proses penciptaan karya seni rupa dan kerajinan tangan di PAUD.

Mata kuliah ini mengangkat isu dan masalah berkenaan dengan pelaksanaan perlidungan dan pemberdayaan Hak Azasi Manusia yang dapat terjadi pada Anak Usia Dini sebagai  satu warganegara atau anggota masyarakat yang rentan terhadap penyalahgunaan kekuasaan dan kekerasan oleh orang dewasa baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat luas, dari tingkat nasional dan dunia internasional. Dasar hukum yang melatarbelakangi, sanksi serta upaya-upaya dalam mencegah kekerasan pada AUD.