Tambang bawah tanah adalah salah satu mata kuliah semester 5 yang wajib diikuti oleh mahasiswa/i Jurusan/ Program Studi Teknik Pertambangan dan merupakan salah mata kuliah baru dalam Kurikulum KKNI Era Industri 4.0. Mata kuliah ini gabungan dari 3 mata kuliah sebelumnya yaitu persiapan tambang bawah tanah, metode tambang bawah tanah dan peralatan dan pengangkutan tambang bawah tanah.

ilmu fisika yaitu sebuah ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Untuk mempelajari fenomena atau gejala alam, fisika menggunakan proses dimulai dari pengamatan, pengukuran, analisis dan menarik kesimpulan

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa pengetahuan tentang sistem penambangan terbuka dan bawah tanah, perancangan lereng, analisis kemantapan lereng baik numerik maupun manual, analisis perkuatan dan pemantau, termasuk pengetahuan penunjang yang secara teknis diperlukan untuk menjamin kelancaran sistem tambang terbuka dan tambang bawah tanah.

Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan sifat fisik dan sifat mekanika batuan. Mahasiswa dapat mengukur sifat-sifat tersebut dengan uji laboratorium, sehingga mahasiswa dapat menangani pekerjaan yang dilakukan pada massa batuan dengan aman, perilaku massa batuan, distribusi tegangan di sekitar lubang bukaan bawah tanah, dan pengukuran tegangan insitu.


Mata Kuliah ini mempelajari tentang interpolasi, diferensiasi numerik, integrasi numerik, solusi persamaan linier simultan, solusi persamaan non linier tunggal dan simultan, solusi persamaan diferensial biasa dan parsial, serta permodelan data.


Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa pengetahuan dasar rekayasa dan praktis penyaliran tambang dalam menunjang kelancaran operasi penambangan yang mencakup parameter hidrologi dan hidrogeologi dari suatu daerah tambang, perancangan sistem penyaliran tambang, termasuk juga pertimbangan lingkungan yang harus tetap diperhatikan.