Mata kuliah jaringan saraf tiruan membahas tentang perosesan data yang meniru cara kerja sistem saraf Biologi. Diawali dengan sejarah dan perkembangan JST, Pendekatan Biologis Untuk Jaringan Syaraf Tiruan,  Model Neuron dan Arsitektur Jaringan,  Perseptron, Metode Belajar Hebbian,  Metode

Belajar Adaline,  Backpropagation,  Pembelajaran a sosiatif,   Jaringankompetitif,   Jaringan Grossberg,   Jaringan  Hopfield dan implementasi JST dalam pemecahan beberapa permasalahan

Mata kuliah ini sebagian berisi teori yang disertai praktikum. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan belajar dasar komunikasi data ; Protokol dan arsitekturnya ; Transmisi data ; Media transmisi ; Pengkodean data ; Antamuka komunikasi data ; Kontrol tautan data ; Teknik Multiplexing ; Teknik Switching ; Konsep Local Area Network.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. Merancang  sistem komunikasi data yang baik
  2. Merancang dan membangun suatu aplikasi sistem komunikasi data
  3. Merancang perangkat keras komunikasi data
  4. Mengsimulasikan dan optimasi sistem komunikasi data
  5. Mengimplementasikan komunikasi data dalam pengembangan proyek sistem komunikasi

Mata Kuliah Pemrograman Jaringan memberikan pengenalan menyeluruh mengenai bidang pemrograman jaringan yang meliputi: konsep transmisi data pada aplikasi berbasis jaringan, dengan berbagai metode transmisi yang ada, seperti TCP,  UDP, Unicast, Broadcast, dan Multicast.

Mempelajari dan memahami arti, tujuan dan definisi Sistem Digital. Pengenalan Sistem Digital, Sistem Bilangan, Konversi Bilangan, Operasi Aritmatika, Binary Coded Decimal, Biner Bertanda, Bilangan Komplemen, Gerbang Logika, Penyederhanaan fungsi Boolean, Flip-flop.