Mata kuliah ini mempelajari tentang pembuat aplikasi grafika komputer. Hal-hal yang dipelajari yaitu cara pembuatan garis, palet warna, poligon, lingkaran dan kurva, transformasi, viewing dan clipping, antialiasing, konsep grafika 3D, dan penggunaan API. Tugas besar yang diberikan dalam mata kuliah ini dapat berupa pembuatan aplikasi pembuat gambar seperti Microsoft Paint dan/atau membuat font

Mata
Kuliah Pemrograman Jaringan memberikan pengenalan menyeluruh mengenai bidang
wireless/mobile computing yang meliputi: konsep transmisi data pada aplikasi
berbasis jaringan wireless, topologi dan protocol pada Wireless Sensor Network
dan Internet Of Things.
- Menjelaskan arsitektur dan karakteristik jaringan wireless/mobile Computing (PP1,PP3)
- Menjelaskan konsep jaringan, topologi, dan protokol pada jaringan wireless/mobile Computing(PP1,PP3)
- Menjelaskan Manajemen Lokasi pada Jaringan Selular (PP1,PP3, KU2, KU8)
- Menerapkan komunikasi Ad Hoc pada jaringan wireless (PP1,PP3, KU2, KU8)
- Menjelaskan konsep jaringan, topologi, protokol dan routing pada Wireless Sensor Network (WSN) (PP1,PP3, KU2, KU8, KK3)
- Melakukan transfer data menggunakan jaringan internet menggunakan protokol IoT dan Web Service (PP1,PP3, KU2, KU8, KK3)
- Merancang dan membangun system berbasis jaringan dengan menggunakan konsep WSN dan IOT(KK3)